Wednesday 16 December 2015

Daftar 14 gunung tertinggi di dunia

Daftar 14 gunung tertinggi di dunia yang disertai foto-foto ini merupakan daftar nama gunung tertinggi yang tercatat dengan pengukuran dari puncak sampai ke permukaan laut. Namun jika dihitung berdasar tinggi dari kaki hingga ke puncak, ternyata ada beberapa gunung yang lebih tinggi dari Puncak Everest di Pegunungan Himalaya. Artinya, Everest bukan gunung paling tinggi di dunia sebagaimana diyakini selama ini.
Selama ini memang banyak yang mengatakan puncak Everest di Himalaya merupakangunung atau wilayah daratan tertinggi dari atas permukaan laut. Sebenarnya ada gunung lain yang mengalahkan ketinggian gunung ini. Mauna Kea, sebuah gunung berapi tidak aktif yang berada di Hawaii memegang rekor sebagai gunung tertinggi di dunia hingga saat ini, mengalahkan Mount Everest.
Memang, puncak Everest atau Himalaya ini berada pada ketinggian yang lebih tinggi, namun tidak membuatnya lebih tinggi dan menjadi yang tertinggi. Mauna Kea hanya mencapai ketinggian sekira 4.205 meter dari atas permukaan laut, akan tetapi gunung berapi ini meluas luar biasa sepanjang 6 ribu meter di bawah permukaan air. Diukur dari dasarnya di dasar laut, tinggi dari gunung ini mencapai 10.200 meter, sehingga hampir satu mil lebih mengalahkan Himalaya, seperti dilansir okezone.
Puncak Mauna Kea
Puncak Mauna Kea
Puncak Mauna Kea
Puncak Mauna Kea
Hal ini kembali lagi pada kenyataan bagaimana Anda harus mengukurnya. Himalaya bukan merupakan gunung tertinggi ataupun puncak tertinggi, bahkan ada gunung lain seperti Chimborazo di Ekuador ketinggiannya mencapai 6.267 meter di atas permukaan laut. Hal ini terletak hanya satu derajat sebelah selatan dari khatulistiwa.
Gunung Chimborazo
Gunung Chimborazo
Mauna Kea ialah gunung berapi tidak aktif di Kepulauan Hawaii di Amerika Serikat. Mauna Kea memiliki ketinggian sekitar 4205 meter. Merupakan gunung berapi tertinggi di dunia jika diukur dari dasarnya, karena dasarnya terletak sekira 5.800 meter di bawah permukaan Samudra Pasifik sehingga total ketinggiannya mencapai 10 km. Dalam bahasa Hawaii, Mauna Kea berarti Gunung Putih karena puncaknya yang tertutup salju.
Baik sobat,  jikalau kita “mengeluarkan” Mauna Kea dan Chimborazo, maka di sini akan Si Momot sajikan 14 puncak gunung tertitnggi di dunia. Tetapi uniknya, 14 daftar gunung tertinggi di dunia ini kesemuanya berada di Pegunungan Himalaya.
1. Gunung Everest
  • Tinggi :8850 m
  • Lokasi :Cina (Tibet) -Nepal
Gunung Everest
Gunung Everest
Terdapat beberapa variasi dari segi ukuran (Pemerintah Nepal – Cina belum mengesahkan ukurannya secara resmi, ketinggian Puncak Everest masih dianggap 8.848 m oleh mereka). Gunung Everest pertama kali diukur pada tahun 1856 mempunyai ketinggian 8.839 m, tetapi dinyatakan sebagai 8.840 m (29.002 kaki). Tambahan 0,6 m (2 kaki) menunjukkan bahwa pada masa itu ketinggian yang tepat sebesar 29.000 kaki akan dianggap sebagai perkiraan yang dibulatkan. Perkiraan umum yang digunakan pada saat ini adalah 8.850 m yang diperoleh melalui bacaan Sistem Posisi Global (GPS).Pegunungan Himalaya masih akan terus bertambah tinggi akibat pergerakan lempeng tektonik kawasan tersebut.
2. Gunung K2 (chogori)
  • Lokasi: Pakistan – Cina(Tibet)
  • Tinggi : 8.611m
Gunung K2
Gunung K2
K2 adalah gunung tertinggi ke-2 di dunia. Dijuluki juga “pegunungan kejam” karena kesulitannya untuk didaki ketimbang Gunung Everest. Hal itu disebabkan cuacanya yang buruk. Pada tahun 2004, hanya 246 orang yang berhasil mendaki sampai ke puncak. Setidaknya 56 orang meninggal ketika mencoba mendakinya.
3. Kangchenjunga
  • Lokasi: Nepal – India
  • Tinggi : 8586 m
Gunung Kangchenjunga
Gunung Kangchenjunga
Kangchenjunga adalah gunung tertinggi ke-3 di dunia. Gunung ini juga adalah gunung tertinggi ke-2 di Nepal. Kangchenjunga mengandung arti “Lima Harta Karun Salju”, karena terdiri dari 5 puncak, empat di antaranya mencapai lebih dari 8.450 meter. Harta karun itu melambangkan 5 benda milik dewa yaitu emas, perak, permata, biji-bijian dan kitab suci. Kangchenjunga disebut Sewalungma dalam bahasa Limbu dan disucikan dalam tradisi agama Kirant. Tiga dari 5 puncaknya (utama, tengah,dan selatan) membatasi wilayah Sikkim Utara dari distrik Sikkim, India dan Distrik Taplejung di Nepal, dan 2 yang lain berada di Distrik Taplejung. Selain itu wilayah ini juga dijadikan Kangchenjunga Conservation Area Project oleh World Wildlife Fund yang melindungi satwa Panda Merah, burung, dan tanaman khas Nepal. Bagian India juga memiliki wilayah yang dilindungi berada dalam Taman Nasional Khangchendzonga.
4. Gunung Lhotse
  • Tinggi : 8.516 m
  • Lokasi : Nepal – Cina (Tibet)
Gunung Lhotse
Gunung Lhotse
Gunung yang memiliki ketinggian (27.940 kaki) ini merupakan gunung terbesar keempat di dunia dan merupakan salah satu puncak yang membentuk kelompok dari Gunung Everest.
5. Gunung Makalu
  • Tinggi : 8,463 m
  • Lokasi: Nepal – Cina (Tibet)
Gunung Makalu
Gunung Makalu
Makalu merupakan gunung tertinggi kelima di dunia. Gunung ini memiliki bentuk yang unik yaitu berupa piramida empat sisi dan terletak hanya 19 km tenggara Gunung Everest.
6. Gunung Cho Oyu
  • Tinggi : 8.201 m
  • Lokasi : Nepal – Cina (Tibet)
Gunung Cho Oyu
Gunung Cho Oyu
Cho Oyu merupakan gunung keenam tertinggi didunia. Lokasinya tidak terlalu jauh dari arah barat Everest dan Lotse, di wilayah Khumbu yang merupakan bagian Timur Nepal dan sepanjang perbatasan Tibet. Puncaknya berdiri megah bersama dengan Everest dan gunung-gunung di sekitarnya. Ini menjadi landmark yang sangat dikenal oleh para pendaki yang yang mendaki Everest dari sebelah dinding utara. Di sebelah barat dari Cho Oyu, terdapat Nangpa La, merupakan glacier dengan tinggi 19.000 kaki, yang merupakan rute perdagangan barter antara Khumbu Sherpa dan Tibet.
7. Gunung Dhaulagiri
  • Tinggi : 8.167 m
  • Lokasi: Nepal
Gunung Dhaulagiri
Gunung Dhaulagiri
Dhaulagiri adalah gunung tertinggi ketujuh di dunia. Membentuk timur jangkar dari Himal Dhaulagiri, sebuah subrange dari Himalaya di Zona Dhawalagiri Nepal utara. Itu terletak di barat laut Pokhara, sebuah kota regional yang penting dan pusat wisata.
8. Gunung Manaslu
  • Tinggi : 8.163 m
  • Lokasi: Nepal
Gunung Manaslu
Gunung Manaslu
Nepal Manaslu adalah gunung tertinggi ke-8 di dunia, terletak di Mansiri Himal, bagian dari pegunungan Himalaya, Nepal. Kata Manaslu berasal dari kata bahasa Sanskerta, Manasa dan diterjemahkan sebagai “Gunung Jiwa”. Manaslu adalah puncak tertinggi di Gurkha dan terletak sekitar empat puluh mil sebelah timur Annapurna, gunung tertinggi ke-10.
9. Gunung Nanga Parbat
  • Tinggi : 8.126 m
  • Lokasi: Pakistan
Gunung Nanga Parbat
Gunung Nanga Parbat
Nanga Parbat merupakan sebuah gunung kebanggaan Pakistan. Gunung ini terletak di bagian utara di negara itu. Merupakan gunung terbesar kesembilan di dunia. Dalam tingkat kesulitan, medan gunung Nanga Parbat disebut sama beratnya dengan K2. Sulitnya medan pada gunung ini membuat ia mendapat julukan “The Man Eater”.
10. Gunung Annapurna
  • Tinggi : 8.091m
  • Lokasi: Nepal
Gunung Annapurna
Gunung Annapurna
Gunung Annapurna, gunung tinggi yang masuk dalam jajaran pegunungan Himalaya di Nepal ini memiliki beberapa puncak. Dengan puncak utamanya setinggi 8.091 mdpl. Selain itu, gunung Annapurna juga mempunyai beberapa nama, antara lain Annporna dan Morshiadi.
11. Gasherbrum I,   pegunungan Karakoram – Himalaya, Pakistan/Cina, 26.470 ft / 8.068 m.
Gunung Gasherbrum II
Gunung Gasherbrum II
12. Puncak Broad, pegunungan Karakoram, Pakistan/Cina, 26.400 ft / 8.047 m.
Puncak Broad
Puncak Broad
13. Gasherbrum II, pegunungan Karakoram, Pakistan/Cina, 26.360 ft/ 8.035 m.
Gasherbrum II
Gasherbrum II
14. Shishapangma-Gosainthan, pegunungan Himalaya, Tibet, 26.289 ft /8.013 m.
Shishapangma-Gosainthan
Shishapangma-Gosainthan

No comments:

Post a Comment