Wednesday 16 December 2015

5 Negara – negara Berpenduduk Muslim Terbesar di Dunia

5 Negara – negara Berpenduduk Muslim Terbesar di Dunia

Islam adalah agama dengan penganut kedua terbesar kedua di dunia setelah agama Kristen. Agama islam sendiri mempunyai pemeluk yang tersebar di seluruh penjuru dunia dan hampir di semua Negara pasti mempunyai penduduk muslim.

Berikut ini adalah negara – negara berpenduduk muslim terbesar di  dunia :

Indonesia


Indonesia ini adalah merupakan salah satu Negara berpenduduk muslim terbanyak di dunia. Walaupun sekitar 88 persen penduduknya yang beragama islam, akan tetapi Indonesia bukanlah Negara islam, melainkan salah satu negara demokrasi nomer 3 terbesar di dunia. Umat muslim di Indonesia di kenal dengan mempunyai sifat yang toleran dan moderat. Sekitar pada tahun 30 hijriah atau sekitar tahun 651 masehi dan Cuma hanya berselang 20 tahun dari wafatnya Rasulullah SAW, pada saat pemerintahan Utsman bin Affan saat itu mengirim delegasi ke cina untuk memperkenalkan daulah islam. Dalam perjalanan tersebut yang memakan waktu kurang lebih 4 tahun utusan utsman ternyata sempat beristirahat di kepulauan Indonesia. Pada saat tahun 674 masehi dinasti umayyah mendirikan pangkalan dagang di pantai barat Sumatra dan ini merupakan awal dari ajaran ajaran islam mulai berkembang. Dan para pedagang – pedagang muslim terus berdatangan dan sambil berdakwah.
Pakistan


Sebuah Negara yang terletak di asia selatan yakni Pakistan. Negara Pakistan ini mempunyai penduduk sebanyak 150 juta. Nama Pakistan sendiri diambil dari daerah Kashmir, Baluchistan dan sedangkan dari bahasa Persia kata “Pak” sendiri mempunyai arti  suci dan “Stan” mempunyai arti Negara sehingga di beri nama Pakistan dan mengandung arti sebuah Negara yang suci yang menganut ajaran islam.
India


Di india sendiri penduduk muslim merupakan penduduk terbesar kedua setelah agama hindu. Di india umat muslim ada sekitar 174 juta. Berawal pengenalannya di India islam sendiri turut mengembangkan beragam – ragam kebudayaan yang memperindah seni dan budaya di India.
Bangladesh


Di Negara ini tepatnya di Bangladesh terdapat lebih dari 130 juta penduduk yang beragama islam dan agama islam sendiri menjadi agama yang paling terbesar di Negara tersebut dan mempunyai presentasi hampir 88 persen dari total jumlah penduduk. Berdasarkan sensus penduduk pada tahun 2001 umat muslim yang datang di wilayah Bengal pada abad ke 13 terutama para pedagang arab  dan Persia yang dapat menakhlukkan daerah shah jalal dan menjadi pusat ajaran agama islam pada saat waktu itu.
Turki


Negara ini adalah Negara yang mempunyai kisah yang panjang dalam perkembangan umat muslim di seluruh dunia. Negara turki mempunyai tradisi islam yang kaya dan lama tentang latar belakang pada saat zaman permulaan yaitu zaman Seljuk dan empayar Utsmaniyyah. Orang turki sendiri mempunyai kebudayaan yang sangat kental tentang umat islam.

No comments:

Post a Comment