Saturday 13 February 2016

MASJID TERUNIK ?

Masjid merupakan rumah Tuhan yang diagungkan. Seringkali masjid dibangun dengan megah dan besar karena tujuan awalnya untuk menampung jamaah dalam jumlah besar. Masjid indah, besar dan megah ada banyak. Tapi hanya ada beberapa masjid yang punya keunikan tersendiri. Kamu pasti akan terkagum-kagum melihat masjid-masjid unik ini!

1. Masjid Niujie




Masjid ini adalah masjid tertua dan terbesar di Beijing, dan berdiri di atas lahan yang lebih dari 6000 meter peregi. Jika ada kesempatan, kamu bisa langsung datang ke Tiongkok, tepatnya di Distrik Xicheng, Beijing bagian barat untuk melihat langsung sebuah masjid dengan perpaduan dua nafas budaya.  Keunikan masjid ini juga terletak pada bagian luarnya yang bergaya Tiongkok kuno. Gaya tersebut berpadu indah dengan kaligrafi Islam pada bagian dalam bangunan.

2. Masjid Dimaukom




Masjid bewarna pink ini terletak di Maguindanao, Filipina. Jika kamu berkesempatan mengunjungi masjid ini, kamu akan disambut dengan nuansa pink mulai dari gerbang, lho! Bukan cuma itu, kubah dan dindingnya pun berwarna pink! Ternyata, masjid ini didanai oleh Walikota Samsudin Dimaukom. Warna pink ini juga dipilih karena melambangkan warna cinta, sekaligus warna favorit istri sang walikota.

3. Masjid An-Nurumi




Masjid unik enggak cuma dimiliki negara lain, lho. Indonesia juga punya, namanya An-Nurumi. Masjid yang terletak di Jalan Solo KM 15, Sleman, ini juga disebut Masjid Kremlin. Gara-garanya, masjid ini menyerupai Saint's Basil Chatedral di Rusia. Tapi, ada juga yang menyebutnya dengan Masjid Permen, karena kubahnya yang berwarna-warni. Keunikannya bukan terletak pada bagian luarnya saja, tapi kamu juga bisa menikmati indahnya warna-warni tulisan ayat suci Al-Quran di dalam menara masjid ini.

4. Masjid Shanke Yadem




Kalau kamu ingin merasakan masjid yang beratapkan langit dan beralas bumi, datang saja ke Turki, ke Masjid Shanke Yadem. Pendirinya bukanlah orang yang kaya, makanya, dinamakan Shanke Yadem, yang artinya "anggap saja saya sudah makan". Masjid unik ini tidaklah megah. Bentuknya saja hanya pagar segi empat  dengan dua menara di sisi kiri dan kanan. Tapi, yang membuat masjid ini luar biasa adalah upaya dan keteguhan hati si pendiri, Khairuddin Afandi, untuk membangun masjid ini. Just imagine it, dia rela tidak membeli makanan demi membangun sebuah masjid.

5. Masjid Al-Mulk




Jika kamu berkesempatan mengunjungi Iran, kamu harus menyaksikan keindahan masjid Al-Mulk di Shiraz. Masjid ini berselimutkan kaca patri berwarna-warni dan memantulkan cahaya matahari menjadi pelangi. Masjid megah yang dirancang oleh Arsitek Muhammad Hasan Al-Mimar dan Muhammad Reza Kashi Paz Al-Shirazi ini, menyembunyikan keindahan interiornya jika kamu lihat dari luar melalui kaca patri tersebut. Bukan hanya pada kaca, keindahan juga bisa kamu nikmati pada selasar masjid yang terbuat dari batu bata ekspos berwarna krem, serta kubahnya yang bergaya Timur Tengah. Betapa maha karya seni yang luar biasa.

6. Masjid Al-Bidiya




Nama masjid ini disesuaikan dengan nama daerahnya, Al-Bidiya, sebuah desa di Uni Emirat Arab. Bentuknya yang unik dan ukurannya yang kecil pasti langsung menarik perhatianmu! Masjid ini berdiri hanya di atas lahan seluas 53 meter persegi. Masjid ini bukan hanya kecil tetapi juga dibuat dengan material sederhana, seperti, batu, batu bata dan bagian luarnya hanya diplester.

7. Masjid Dhai Seedhi Ki




Nah, ada lagi salah satu masjid terkecil di dunia, yaitu Masjid Dhai Seedi. Masjid yang terletak di kota Bhopal, India, ini juga disebut dengan Masjid dua setengah langkah. Awalnya masjid ini memang hanya dibangun sebagai masjid darurat selama pembangunan benteng.

No comments:

Post a Comment