Tuesday 9 February 2016

Lambang Negara Terbaik

20 Lambang Negara Terbaik Di Dunia

1.Republik Afrika Tengah

Lambang negara Republik Afrika Tengah adalah lambang resmi dari Republik Afrika Tengah. Lambang ini mengandungi sebuah perisai di tengah, dengan dua bendera di sudutnya, dan matahari terbit di atas perisai.
Di lambang ini terdapat tulisan ZO KWE ZO yaitu motto Afrika tengah yang diambil dari bahasa Sango, berarti "Manusia adalah manusia" atau "Semua orang adalah orang".
Gajah dah pohon baobab mewakili alam sebagai tulang punggung negara.
Versi terdahulu lambang ini mempunyai kalimat "1er DECEMBRE 1958" ditulis di matahari.
2.Afrika Selatan

Lambang negara Afrika Selatan diperkenalkan pertama kali pada hari kemerdekaan Afrika Selatan 27 April 2000. Lambang ini menggantikan lambang lama yang digunakan sejak tahun 1910.[1] Semboyan ǃke e: ǀxarra ǁke tertulis dalam bahasa Khoisan suku ǀXam yang berarti "orang yang beraneka ragam bersatu". logo lama berbahasa Latin, adalah Ex unitate vires, yang berarti hampir sama yaitu "persatuan adalah kekuatan".
3.Australia


Lambang negara Australia (secara resmi disebut Commonwealth Coat of Arms atau Lambang Persemakmuran) adalah simbol resmi Australia. Bentuk awal lambang ini direstui oleh Raja Edward VII dari Britania Raya pada tanggal 7 Mei 1908, versi saat ini direstui penggunaannya oleh Raja George V pada tanggal 19 September 1912, meskipun versi 1908 dalam konteks tertentu masih digunakan.
Kangguru merah dan burung Emu menopang perisai adalah lambang satwa Australia meskipun tidak secara resmi. Lambang fauna ini dipilih karena keduanya merupakan satwa asli benua Australia. Di latar belakang terdapat rangkaian tanaman Wattle emas, lambang flora resmi Australia, meskipun perwujudan spesies tanaman ini secara botani tidak akurat.
Di bagian dasar lambang terdapat pita bertuliskan nama negara Australia. Baik rangkaian tanaman maupun pita bukanlah bagian lambang resmi yang direstui penggunaannya oleh Kerajaan Britania Raya.

4.Antigua dan Barbuda


Simbolisme lambang ini lebih lengkap dari pada yang ditemui di bendera Antigua dan Barbuda, tetapi banyak elemen yang sama.
Di atas lambang adalah nenas, buah khas pulau tersebut. Ada beberapa tumbuhan di sekitar perisai, semuanya khas negara tersebut:hibiscus merah, tebu dan yucca. Di samping perisai, ada dua ekor rusa yang mewakili kehidupan liar negara tersebut.
Desain perisai menunjukkan matahari, yang juga terdapat di bendera, terbit dari laut warna biru dan putih. Matahri menyimbolkan awal yang baru, dan latar belakang hitam mewakili keturunan Afrika yang banyak terdapat pada warga negara tersebut. Di bagian bawah perisai, terdapat lumbung gula.
Di bawah, terdapat motto nasional: "Each endeavouring, all achieving".


5.Belanda

Lambang Agung Kerajaan Belanda, (atau "Groot Rijkswapen"), adalah lambang pribadi monarki Belanda (kini Raja Willem-Alexander). pemerintah Belanda menggunakan versi yang lebih kecil tanpa mantel atau paviliun, bahkan terkadang hanya menampilkan perisai dan mahkota. Komponen gambar lambang negara diatur oleh Ratu Wilhelmina melalui dekrit kerajaan pada tanggal 10 Juli 1907 dan dikukuhkan oleh Ratu Juliana dalam dekrit kerajaan tanggal 23 April 1980. 
Deskripsi Lambang

Perisai berwarna biru azure, dengan lambang singa bermahkota di tengah. Singa di tengah pada cakar kanannya menggenggam sebilah pedang, pada cakar kirinya menggenggam tujuh batang anak panah. Tujuh batang anak panah melambangkan tujuh provinsi anggota persekutuan Utrecht. Perisai ini dimahkotai sebuah mahkota kerajaan Belanda dan ditopang oleh dua singa yang mengapit pada kedua sisinya. Singa ini berdiri di atas pita biru dengan tulisan "Je Maintiendrai" (Bahasa Perancis abad pertengahan yang berarti "Aku akan bertahan".)
Mantel monarki dicampirkan di atas lambang ini, ditengahnya membentuk semacam atap paviliun yang juga dimahkotai oleh sebuah mahkota kerajaan. Dalam dekrit kerajaan, jika pewaris takhta adalah seorang laki-laki, maka ia boleh mengganti mahkota di atas perisai dengan helm gaya baju zirah kerajaan Eropa serta lambang Nassau.


6.Great Britain


Deskripsi
Perisai terbagi empat bagian, pada perempat pertama dan keempat menampilkan tiga singa Inggris; bagian kedua singa yang tengah berdiri menyerang dikelilingi pigura fleur de lis (bunga lili) Skotlandia; bagian ketiga menampilkan harpa Irlandia.
Bagian mahkota adalah singa mengenakan mahkota kerajaan, tengah berdiri di atas mahkota yang dikenakan di atas helm baja khas ksatria Eropa abad pertengahan.
Di bagian kanan dan kiri perisai ditopang oleh dua hewan, di sisi kanan (dari sudut pandang lambang) perisai ditopang oleh singa bermahkota, sedangkan di sisi kiri (dari sudut pandang lambang) ditopang oleh kuda mitos Unicorn Skotlandia. Menurut legenda unicorn liar yang bebas adalah hewan yang sangat berbahaya; maka dalam lambang ini unicorn ini dibelenggu rantai, demikian pula unicorn pada Lambang Skotlandia.
Pada lambang ini tertulis dua semboyan yaitu semboyan Raja Inggris, Dieu et mon droit (Tuhan dan hakku) dalam Bahasa Perancis, dan semboyan Ordo Garter dalam bahasa Perancis Lama, Honi soit qui mal y pense (Tercelalah mereka yang berpikir buruk tentangnya) tertulis di atas sabuk pengikat di belakang perisai.

7.Indonesia

Lambang negara Indonesia adalah Garuda Pancasila dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika. Lambang negara Indonesia berbentuk burung Garuda yang kepalanya menoleh ke sebelah kanan (dari sudut pandang Garuda), perisai berbentuk menyerupai jantung yang digantung dengan rantai pada leher Garuda, dan semboyan Bhinneka Tunggal Ika yang berarti “Berbeda-beda tetapi tetap satu” ditulis di atas pita yang dicengkeram oleh Garuda. Lambang ini dirancang oleh Sultan Hamid II dari Pontianak, yang kemudian disempurnakan oleh Presiden Soekarno, dan diresmikan pemakaiannya sebagai lambang negara pertama kali pada Sidang Kabinet Republik Indonesia Serikat tanggal 11 Februari 1950.

8.Kamboja

Lambang Kerajaan Kamboja adalah simbol bagi kekuasaan Kerajaan Kamboja. Lambang ini telah dipakai sejak lama dari tahun 1950. Dijadikan sebagai simbol resmi Kerajaan Kamboja pada tahun 2004 oleh Norodom Sihamoni.
Dalam lambang, digambarkan ada dua hewan mitologi yaitu gajashima di bagian kiri, singa dengan gading gajah dan seekor singha di sisi kanan. Digambarkan pula ada 2 payung bertatah yang ditopang oleh singa di dua sisi. Kalimat Bahasa Khmer yang terkandung di kalimat itu ialah : preah'jao (pemimpin), krung (area/daerah kerajaan), Kampuecha(Kamboja). Jadi, tulisan itu dibaca Pemimpin Kerajaan Kamboja.

9.Kanada

Di lambang ini terdapat semboyan Kanada yaitu A Mari Usque Ad Mare yang berarti dari laut ke laut

10.Kirgistan


11.Korea Utara


Lambang negara Korea Utara menampilkan gambar pembangkit listrik tenaga air di kaki Gunung Baekdu dan menampilkan bintang merah bersudut lima yang berpijar, serta diapit dua rumpun tanaman padi membentuk bingkai oval, dililit pita merah yang diatasnya tertulis "Republik Rakyat Demokratik Korea" dalam aksara Hangul.
Lambang ini mengikuti pedoman dasar Lambang Uni Soviet yang ditiru banyak negara berhaluan komunis di dunia. Hal ini menunjukkan hubungan antara ideologi komunis dengan sejarah berdirinya negara ini pada permulaan Perang Dingin.

12.Laos


13.Mexico

Lambang negara Meksiko adalah simbol penting bagi politik dan budaya Meksiko sejak berabad-abad lamanya. Lambang ini menggambarkan Elang emas hinggap di atas kaktus tengah memakan ular. Bagi rakyat Tenochtitlan lambang ini memiliki makna keagamaan yang dalam, tetapi bagi warga Eropa lambang ini bermakna kemenangan kebenaran atas kejahatan. Lambang ini juga digunakan sebagai lencana Negara-negara bagian Meksiko bersatu, versi yang telah dimodifikasi menjadi lambang pemerintah federal.
14..Namibia


15.Nepal

Lambang negara Nepal adalah lambang yang digunakan negara Nepal dan mulai digunakan sejak periode rekonsiliasi setelah Perang Saudara Nepal. Pada tanggal 30 Desember 2006, lambang negara baru ini diperkenalkan. Lambang negara ini menampilkanbendera NepalPuncak Everest, perbukitan hijau melambangkan kawasan pergunungan Nepal, dan warna kuning melambangkan kawasan terai yang subur. Tangan pria dan wanita berjabat tangan melambangkan kesetaraan jender, dan rangkaian bungarhododendron (bunga nasional Nepal). Di atas lambang ini terdapat siluet peta wilayah Nepal.

Di bagian dasar lambang ini terdapat pita yang bertuliskan semboyan nasional dalam bahasa Sanskerta: जननी जन्मभूमिश्च स्वर्गादपी गरीयसी (jananī janmabhūmiśca svargādapi garīyasī), yang bermakna "Bunda dan tanah air lebih agung daripada surga."  Bait lengkapnya dalam bahasa Sanskerta adalah:
अपि स्वर्णमयी लंका न मे लक्ष्मण रोचते ।
जननी जन्मभूमिश्च स्वर्गादपि गरीयसी ।।
Yang bermakna:
Aku tidak peduli kepada Lanka, wahai Lakshmana, meskipun negeri ini berlapis emas.
Bunda dan tanah air lebih berharga daripada surga
Secara populer kutipan ini dianggap berasal dari ucapan Rama ketika adik lelakinya Lakshmana mengungkapkan keinginannya untuk tinggal di Lanka (Alengkapura). Kutipan ini tidak dapat dipastikan berasal dari Ramayana tetapi dikutip dalam karya Bankim Chandra Chattopadhyay yaitu Anandamath 

16.Qatar


17.Thailand

Lambang negara Thailand menampilkan Garuda, burung mitologi dalam kepercayaan Hindu dan Buddha. Di Thailand figur ini digunakan sebagai lambang keluarga kerajaan dan otoritas. Lambang ini disebut Krut Pha, yang berarti "garuḍa sebagai wahana dewa Wishnu." Lambang ini menjadi lambang negara Thailand sekaligus lambang Raja Thailand. Garuda juga merupakan Lambang Negara Indonesia serta lambang kota Ulan Bator (ibu kota Mongolia).
18.Tajikistan


19.USA

Lambang negara Amerika Serikat atau Segel Agung Amerika Serikat adalah lambang yang digunakan sebagai segel resmi berbagai dokumen yang dikeluarkan oleh Pemerintah Federal Amerika Serikat. Lambang ini pertama kali digunakan secara umum pada tahun 1782.
20.Uzbekistan

Hukum "Pada lambang negara Uzbekistan" disahkan pada 2 Juli 1992 sesi ke-8 Soviet Tertinggi Uzbekistan.
Di pusat adalah burung dengan sayap Humo penyebaran - simbol dari kebahagiaan dan kebebasan. Nenek moyang kita yang besar disebut Navoi Alisher Humo makhluk hidup yang terbesar.

No comments:

Post a Comment