Wednesday 10 February 2016

Daun Sirih Hitam

Si Mistis Daun Sirih Hitam

Warna hitam mungkin memang terlanjur lekat dengan alam gaib. Hal-hal yang tak bisa ditakar dengan nalar. Hampir di Negara manapun, hitam selalu dihubung-hubungan dengan hal mistis. Misalnya saja kucing hitam yang kerap dianggap pembawa sial atau malapetaka. Di Indonesia sendiri, hal-hal mistis masih melekat erat. Ingin bukti? Simak saja film horro jaman sekarang, laku di pasaran meski kualitasnya minim. Selain itu, jimat-jimat penolak bala dan penarik keberuntungan masih beredar luas dan dipercaya masyarakat. Salah satunya adalah daun sirih hitam. 

Apa Itu Daun Sirih Hitam? 
Belum ada penelitian lanjut dan serius mengenai sirih hitam ini. Namun jika dilihat dari morfologisnya, ia masih berkerabat dekat dengan sirih hijau dan digolongkan ke dalam genus piper. Jika diurai bentuk fisiknya, daun sirih hitamini memiliki bentuk serupa hati. Bagian ujung daunnya cenderung runcing dan tunggal. Warna tanaman sirih unik ini hitam pekat dari mulai akar, batang hingga daunnya. Saat daunnya dipetik dan dikeringkan, ia tak akan berubah menjadi coklat layaknya daun lainnya. Warna hitamnya tetap tak berubah.

Khasiat Melampaui Jenis Lainnya 

Konon, manfaat daun sirih hitam ini jauh di atas daun sirih hijau maupun merah. Banyak masyarakat yang telah membuktikan hal tersebut. Daun sirih hitam ini bisa mengobati penyakit ganas semacam kanker payudara. Memang belum ada penelitian lanjutan mengenai hal ini. Namun kepercayaan mengenai keampuhan sirih hitam tetap dipercaya masyarakat sebab banyak yang bersaksi sembuh dengan menggunakan sirih hitam.

Selain kanker payudara, daun dari sirih hitam ini juga berkhasiat bagi mereka yang menjalani cuci darah. Mengenai khasiat yang satu ini, tersebar luas dari mulut yang satu ke mulut lainnya. Dari kajian ilmiah, belum ada penegasan secara factual mengenai efek penyembuh si daun hitam ini. Selain penyakit fisik, konon daun sirih merah juga bisa menyembuhkan penyakit yang tak bisa dijelaskan secara medis. Hal-hal muskil semacam ini memang hidup di tengah masyarakat Indonesia yang tengah berjalan menujud modernitas. Poliklenik (praktek perdukunan) adalah hal yang biasa. Salah satu obat yang mereka tawarkan adalah si daun sirih hitam tersebut.

Sayangnya, cukup sulit menemukan sirih hitam ini di pasaran. Memang ia tak mudah tumbuh seperti sirih hijau dan merah. Kalaupun Anda mendapatkannya, harganya tak ramah di kantong. Mengapa? Sebab sirih hitam dijual sebagai jimat bukan sekedar daun biasa dengan sejuta manfaat.

No comments:

Post a Comment